Senin, 11 Maret 2013

VISUAL EFFECT

VISUAL EFFECT atau sering disebut Visual FX (VISUAL F/X; VFX), mungkin kalian yang baru mengenal tentang editing video belum mengetahui apa itu Visual Effect dan kalian pasti bertanya tanya apa itu Visual FX.Visual FX adalah Serangkaian proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Jadi intinya Visual Effect adalah pemberian effect tertentu ke dalam sebuat video atau film, Efek visual merupakan perpaduan dari gambar syuting asli dengan objek rekayasa komputer, serta objek lainnya untuk menciptakan adegan yang realistis sesuai dengan tuntutan skenario. Hal ini dilakukan misalnya karena adegan tersebut berbahaya untuk dilakukan oleh para pemeran, atau berbiaya tinggi, atau bahkan mustahil untuk divisualkan secara nyata.

Efek visual pada film era modern dapat ditemukan pada film King Kong (Merian C. Cooper dan Ernest B. Schoedsack, 1933). Kera besar itu, sebenarnya, hanya boneka berukuran 18 inci dengan tungkai dan lengan yang dapat digerakkan. King Kong adalah film pertama yang menggunakan teknik front projection– menempatkan aktor di depan gambar sehingga terlihat bahwa aktor adalah bagian dari gambar. Pada era selanjutnya, komputer mengambil alih pembuatan visual efek. Star Wars menggunakan kamera yang dikendalikan komputer untuk mengonstruksi gambar pertempuran multilayered.


VISUAL EFFECTS DIRECTOR. Anggota tim produksi film atau televisi yang bertanggung jawab mengawasi proses produksi visual efek.


VISUAL EFFECTS RIGGER. Orang yang bertugas menyiapkan dan mengendalikan model-model miniatur, boneka makhluk tertentu, atau benda-benda lain yang akan menjadi subjek pengambilan gambar.


VISUAL EFFECTS SUPERVISOR. Orang yang mengepalai para kru efek visual dalam suatu produksi.


Catatan:

Beberapa istilah di atas dikutip dari Kamus Istilah Televisi dan Film (Gramedia). Kamus tersebut merupakan karya langka. Sebagaimana kita maklum, di Indonesia telah berdiri sederet lembaga penyiaran televisi profesional dan sejumlah perguruan tinggi yang bergerak di bidang televisi dan film (yang terbaru adalah Program Studi Televisi & Film Fak. Sastra Univ. Jember), tapi harus diakui betapa sulit mencari buku mengenai istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi televisi maupun film.

Nah, buku karya Ilham Zoebazary ini memuat 2000 lebih entri yang berkaitan erat dengan dunia televisi dan film. Di dalamnya tercakup beraagam istilah yang sering digunakan dalam proses produksi program televisi dan karya film, juga beraneka istilah teknis operasional di dalam studio televisi, studio editing, penulisan skenario, hingga istilah-istilah yang biasa digunakan para ahli dalam mengkaji televisi dan film. Sebagian besar entri, khususnya yang bertalian dengan karya film, disertai contoh-contoh dengan menyebutkan judul film, nama sutradara serta tahun pembuatannya.


Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/film-and-theater-studies/2281053-pengertian-visual-effect/#ixzz2NHSSwVfP
http://id.shvoong.com/humanities/film-and-theater-studies/2281053-pengertian-visual-effect/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar